Translate

Tuesday, April 17, 2012

Strategi, perencanaan media, perencanaan evaluasi, dan skenario pembelajaran bahasa arab


 
MAKALAH
Resume Perencanaan system pembelajaran

Diajukan untuk memenuhi salahsatu tugas matakuliah PSP




Ditulis oleh:
Muhammad Irfan N
(1210203064)


JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
TAHUN 2011/1433H



A.      STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1.      Pengertian strategi pembelajaran bahasa arab.
Strategi adalah upaya atau usaha yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperlancar proses kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat trcaai secara efektif dan efisien, jadi strategi pembelajaran bahasa arab adalah Upaya yang dilakukan guru (pendidik) terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran.

2.      Strateigi pembelajaran bahasa arab.
a.       Strategi bermain
Bermain adalah hal yang menyenangkan, dengan strategi bermain anak akan merasa senag, sehingga materi yang disampaikan pun akan lebih cepat diserap. Ada bberapa permainan dalam pembelajaran bahasa arab, yaitu:
1)     Permainana fungsi.
2)     Bermain konstruktif.
3)     Permainan reseptif.
4)     Permainan peranan.
5)     Permainan sukses.
b.      Strategi bercakap-cakap.
c.       Strategi deminstrasi.
d.      Strategi projek
e.       Strategi bercerita
Ada beberapa teknik bercerita yaitu:
a)     Membaca langsung dari buku cerita.
b)     Bercerita dengan menggunakan ilustrasi gambar dari buku
B.      PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1.      Pengertian media pembelajaran bahasa arab.
Media pmbelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa).
2.      Media-media dalam pembelajaran bahasa arab
Ada beberapa media dalam membantu proses pembelajaran bahasa arab, yaitu:
1)     Media visual: grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun arab, komik arab.
2)     Media audial: radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya.
3)     Projected still media: slide, projector, dan sejenisnya.
4)     Project motion media: film, televise, video, computer dan sejenisnya.
3.      Manfaat media pembelajaran bahasa arab.
Ada 8 manfaat media dalam pembelajaran bahasa arab, yaitu:
1)     Penyampaian materi pembelajaan dapat diseragankan
2)     Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
3)     Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
4)     Efisiensi dalam waktu dn tenaga.
5)     Meningkatan kualitas hasil belajar siswa.
6)     Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
7)     Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.
8)     Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
 C.      PERENCANAAN EVALUASI PENGAJARAN BAHASA ARAB.
1.      Pengertian ebvalasi engajaran.
Evaluasi pengajaran adalah penilaian/penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum.
2.      Alat-alat evaluasi.
Ada 2 alat evaluasi, yaitu:
a.       Tes.
Tes ini banyak digunakan utuk mengukur prestasi belajar peserta didik dalam bidang kognitif, seperti pengetahuan, pemahanan, aplikasi, analisis, sntesis, dan evaluasi jika dilihat dari berbagai aspek, ada beberapa jenis tes, yaitu:
1)     Dilihat dari kajian psikologi
a)     Tes intelegensi umum
b)     Tes kemampuan khusus
c)      Tes prestasi belajar
d)     Tes kepribadian.
2)     Berdasarkan jumlah eserta didik, tes dibagi menjadi dua bagian:
a)     Kelompok
b)     Perseorangan
3)     Dilihat dari cara penysunannya, te dibagi menjadi dua bagian.
a)     Tes buatan guru
b)     Tes standar
4)     Berdasarkan aspek pengetahuan dan keterampilan, tes dibagi dua bagian:
a)     Tes kemampuan
b)     Tes kecepatan
5)     Dilihat dari bentuk jawaban peserta didik
a)     Tes tertulis
b)     Tes lisan
c)      Tes tindakan

b.      Non tes
Ada beberapa macam nontes, yaitu: observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala penilaian, angket, studi, khusus, catatan incidental, sosiometri, dan inventori kepribadian.
3.      Langkah-langkah penyusunan tes
Ada beberapa langkah-langkah penyusunan tes, yaitu sebagai berikut:
1)     Menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar
2)     Menyusun pola konsep utama berdasarkan SK dan KD
3)     Menyusun matriks rancangan tes/kisi-kisi tes
4)     Menilih peta konsep berdasarkan indicator yang ingin dikembangkan menjadi itm tes
5)     Menyusun spesifikasi untuk satu atau lebih butir soal
6)     Menuliskan butirsoal berdasarkan spesipikasi butir soal yang telah dikembangkan
7)     Menentukan rubric atau pedoman penskoran.
4.      Hakikat evaluasi pengajaran bahasa arab.
Yang dievaluasi dalam proses belajar mengajar sebenarnya bukan hanya siswa, tetapi juga sitem pengajarannya. Karena itu dalam proses belajr mengajar terdiri dari rangkaian tes yang dimulai dari tes awal/entering behavior untuk mengetahui mutu/pelajaran apa yang sudah diketahui oleh siswa dan apa yang belum, terhadap rencana pelajaran yang akan diajarkan. 

D.     SEKENARIO PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1.      Pengertian scenario pembelajaran bahasa arab
Scenario pembelajaran bahasa arab adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang buru dalam proses komunikasi-interaktif dengan siswa agar pembeljaran yang terjadi sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
2.      Langkah-langkah mempersiapkan scenario pembelajaran bahasa arab
Dalam penyusunan scenario pun ada beberaa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah langkah-langkah pembuatan scenario embelajaran tersebut, langkah-langkah pembuatan scenario pembelajaran tersebut, langkah-langkahnya antara lain:
1)     Kita harus mempelajarin LKS yang akan digunakan oleh siswa guna mengetahui materi apa yang akan dipelajari dan dengan cara bagaimana guru akan memfasilitasi peserta didik.
2)     Kita harus menulis langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajara, sesuai dengan taapan-tahapan pembelajaran yang direncanakan.
3)     Kita harus menuliskan rencana penilaian terhadap kegiatan belajar peserta didik. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan pada setip akhir kegiatan pembelajaran.

1 comment:

irfan said...

semua orang pasti mempunyai kesalahan, tetapi kesalahan itu harus di betulkan..
makanya saya harap komentar dari pengunjung bila ada kata" ataw kesalahan"....
mohon komentarnya yaa.....