MAKALAH
Resume Perencanaan
system pembelajaran
Diajukan untuk memenuhi salahsatu tugas matakuliah PSP
Ditulis oleh:
Muhammad Irfan N
(1210203064)
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
A. STRATEGI
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1. Pengertian
strategi pembelajaran bahasa arab.
Strategi
adalah upaya atau usaha yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperlancar
proses kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat trcaai
secara efektif dan efisien, jadi strategi pembelajaran bahasa arab adalah Upaya
yang dilakukan guru (pendidik) terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran
demi tercapainya tujuan pembelajaran.
2. Strateigi
pembelajaran bahasa arab.
a. Strategi
bermain
Bermain
adalah hal yang menyenangkan, dengan strategi bermain anak akan merasa senag,
sehingga materi yang disampaikan pun akan lebih cepat diserap. Ada bberapa
permainan dalam pembelajaran bahasa arab, yaitu:
1) Permainana
fungsi.
2) Bermain
konstruktif.
3) Permainan
reseptif.
4) Permainan
peranan.
5) Permainan
sukses.
b. Strategi
bercakap-cakap.
c. Strategi
deminstrasi.
d. Strategi
projek
e. Strategi
bercerita
Ada beberapa teknik bercerita yaitu:
a) Membaca
langsung dari buku cerita.
b) Bercerita
dengan menggunakan ilustrasi gambar dari buku
B. PERENCANAAN
MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1. Pengertian
media pembelajaran bahasa arab.
Media
pmbelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat
bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke
penerima pesan belajar (siswa).
2. Media-media
dalam pembelajaran bahasa arab
Ada beberapa
media dalam membantu proses pembelajaran bahasa arab, yaitu:
1) Media
visual: grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun arab, komik arab.
2) Media
audial: radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya.
3) Projected
still media: slide, projector, dan sejenisnya.
4) Project
motion media: film, televise, video, computer dan sejenisnya.
3. Manfaat
media pembelajaran bahasa arab.
Ada 8
manfaat media dalam pembelajaran bahasa arab, yaitu:
1) Penyampaian
materi pembelajaan dapat diseragankan
2) Proses
pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.
3) Proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif.
4) Efisiensi
dalam waktu dn tenaga.
5) Meningkatan
kualitas hasil belajar siswa.
6) Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
7) Media dapat
menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.
8) Mengubah
peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
C. PERENCANAAN
EVALUASI PENGAJARAN BAHASA ARAB.
1. Pengertian
ebvalasi engajaran.
Evaluasi pengajaran adalah
penilaian/penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah
tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum.
2. Alat-alat
evaluasi.
Ada 2 alat
evaluasi, yaitu:
a. Tes.
Tes ini banyak digunakan utuk mengukur
prestasi belajar peserta didik dalam bidang kognitif, seperti pengetahuan,
pemahanan, aplikasi, analisis, sntesis, dan evaluasi jika dilihat dari berbagai
aspek, ada beberapa jenis tes, yaitu:
1) Dilihat dari
kajian psikologi
a) Tes
intelegensi umum
b) Tes
kemampuan khusus
c) Tes prestasi
belajar
d) Tes
kepribadian.
2) Berdasarkan
jumlah eserta didik, tes dibagi menjadi dua bagian:
a) Kelompok
b) Perseorangan
3) Dilihat dari
cara penysunannya, te dibagi menjadi dua bagian.
a) Tes buatan
guru
b) Tes standar
4) Berdasarkan
aspek pengetahuan dan keterampilan, tes dibagi dua bagian:
a) Tes
kemampuan
b) Tes
kecepatan
5) Dilihat dari
bentuk jawaban peserta didik
a) Tes tertulis
b) Tes lisan
c) Tes tindakan
b. Non tes
Ada beberapa
macam nontes, yaitu: observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala
penilaian, angket, studi, khusus, catatan incidental, sosiometri, dan inventori
kepribadian.
3. Langkah-langkah
penyusunan tes
Ada beberapa
langkah-langkah penyusunan tes, yaitu sebagai berikut:
1) Menganalisis
standar kompetensi dan kompetensi dasar
2) Menyusun
pola konsep utama berdasarkan SK dan KD
3) Menyusun
matriks rancangan tes/kisi-kisi tes
4) Menilih peta
konsep berdasarkan indicator yang ingin dikembangkan menjadi itm tes
5) Menyusun
spesifikasi untuk satu atau lebih butir soal
6) Menuliskan
butirsoal berdasarkan spesipikasi butir soal yang telah dikembangkan
7) Menentukan
rubric atau pedoman penskoran.
4. Hakikat
evaluasi pengajaran bahasa arab.
Yang dievaluasi dalam proses
belajar mengajar sebenarnya bukan hanya siswa, tetapi juga sitem pengajarannya.
Karena itu dalam proses belajr mengajar terdiri dari rangkaian tes yang dimulai
dari tes awal/entering behavior untuk mengetahui mutu/pelajaran apa yang sudah
diketahui oleh siswa dan apa yang belum, terhadap rencana pelajaran yang akan
diajarkan.
D. SEKENARIO
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
1. Pengertian
scenario pembelajaran bahasa arab
Scenario
pembelajaran bahasa arab adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang buru
dalam proses komunikasi-interaktif dengan siswa agar pembeljaran yang terjadi
sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
2. Langkah-langkah
mempersiapkan scenario pembelajaran bahasa arab
Dalam
penyusunan scenario pun ada beberaa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya
adalah langkah-langkah pembuatan scenario embelajaran tersebut, langkah-langkah
pembuatan scenario pembelajaran tersebut, langkah-langkahnya antara lain:
1) Kita harus
mempelajarin LKS yang akan digunakan oleh siswa guna mengetahui materi apa yang
akan dipelajari dan dengan cara bagaimana guru akan memfasilitasi peserta
didik.
2) Kita harus
menulis langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajara, sesuai
dengan taapan-tahapan pembelajaran yang direncanakan.
3) Kita harus
menuliskan rencana penilaian terhadap kegiatan belajar peserta didik. Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan pada setip akhir kegiatan
pembelajaran.
1 comment:
semua orang pasti mempunyai kesalahan, tetapi kesalahan itu harus di betulkan..
makanya saya harap komentar dari pengunjung bila ada kata" ataw kesalahan"....
mohon komentarnya yaa.....
Post a Comment