Translate

Saturday, April 28, 2012

pengertian zakat


Pengertian zakat
Zakat menurut etimologi yaitu: النماء artinya bertambah, di artikan bertambah karena orang yang memberikan zakat maka hartanya akan bertambah, baik bertambah hartanya, kenikmatannya, keimanannya ataupun keberkahannya sesuai dengan firman alloh swt di dalam alqur’an surat al-baqoroh ayat 261:
ã@sW¨B tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZムóOßgs9ºuqøBr& Îû È@Î6y «!$# È@sVyJx. >p¬6ym ôMtFu;/Rr& yìö7y Ÿ@Î/$uZy Îû Èe@ä. 7's#ç7/Yß èps($ÏiB 7p¬6ym 3 ª!$#ur ß#Ï軟Òム`yJÏ9 âä!$t±o 3 ª!$#ur ììźur íOŠÎ=tæ ÇËÏÊÈ
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
Zakat menurut etimologi bisa juga diartikan المدح yang artinya pujian disebut pujian karena orang yang membayar zakat akan menerima empat pujian yang sangat berarti di dunia maupun di akhirat, yaitu pujian dari alloh, pujian dari malaikat, pujian dari rasululloh, dan pujian dari orang yang diberi zakat. Pujian dari alloh berarti ketika seseorang mengeluarkan zakat maka alloh akan menerima taubatnya, pujian dar malaikat berarti ketika orang itu mengeluarkan zakat maka malaikat akan meminta kepada alloh agar orang itu dimaafkan dosa-dosanya, pujian dari rosululloh berarti orang itu akan mendapatkan syafaat dari rasul saw. Dan pujian dari orang yang menerima zakat berarti orang tersebut akan mendo’akannya. Itu semua bisa terjadi apabila الزكي (orang yang mengeluarkan zakatnya) melakukannya dengan ikhlas.
Zakat juga bisa di artikan التطهير yang artinya membersihkan, diartikan membersihkan karena orang yang mengeluarkan zakat  akan bersih hartanya, arti kata bersih ini diambil dari surat asy-syams ayat 9 yaitu:
ôs% yxn=øùr& `tB $yg8©.y ÇÒÈ
Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,
Sedangkan menurut istilah ialah:
الاسم المال مخصوص يوخد من مال مخصوص على وجه مخصوص يصرف لطائفة مخصوصة
Nama harta yang ditentukan yang diambil dari harta yang ditentukan dengan menggunakan cara dan metode yang ditentukan yang dibagikan kepada golongan yang ditentukan pula. Zakat dikeluarkan untuk membersihkan harta atau badan dengan cara, dan dengan kadar ukuran yang telah ditentukan.
Perlu diketahui bahwa secara glogal zakat itu dibagi menjadi 2 yaitu zakat harta dan zakat badan atau zakat fitrah.
Zakat harta adalah zakat yang dikeluarkan jika telah memenuhi syarat-syarat tertentu yaitu: الزكي harus islam, bukan hamba sahaya, hartanya milik dirinya sendiri, mencapai nisob, dll. Zakat harta ini dibagi-bagi lagi menjad beberapa cabang, yaitu: peternakan, perkebunan, buah-buahan, perdagangan, profesi, rikaz, emas dan perak, dll. Zakat-zakat tersebut mempunyai syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan tertentu.
Zakat badan juga disebut zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada akhir bulan ramadhan menjelang bulan syawal. Setiap orang wajib mengeluarkan zakat tersebut tanpa terkecuali. Dengan kadar zakat 2.5 kg dari bahan makanan pokok. Ini disesuaikan dengan kebutuhan makanan pokoknya, jika makanan pokok di daerahnya beras maka zakatnya diambil dari beras, jika sagu maka diambil dari sagu, jika jagung maka diambil dari jagung, dsb.

No comments: